Selasa, 17 Januari 2012

Resolusi 2012

    1. Buat rencana untuk menghilangan lemak bukan berat badan

Kebanyakan orang melakukan diet selalu berfokus pada penurunan berat badan, sehingga mengakibatkan hilangnya massa tubuh atau lean body mass (LBM). Kehilangan LBM secara signifikan dapat mengurangi tingkat metabolisme dasar (BMR).  


2. Minum lebih banyak air 

Kebanyakan orang mengalami dehidrasi kronis, terutama ketika baru bangun pagi. Banyak anggapan yang keliru dan mengatakan bahwa haus sebagai lapar, dan kita minum hanya ketika saat makan saja. Padahal, Anda harus selalu minum segelas besar air segera setelah Anda bangun, dan setiap kali merasa lapar, sebelum makan apa pun.


3. Lebih aktif


Duduk untuk jangka waktu yang lama dapat membahayakan kesehatan. Jangan pernah duduk selama lebih dari satu jam pada satu waktu, dan selalu cari cara untuk meningkatkan aktivitas harian Anda.


4. Membangun dan memperkuat otot-otot


Peningkatan massa otot akan berimplikasi langsung terhadap meningkatnya tingkat basal metabolisme atau BMR. BMR (Basal Metabolic Rate) adalah kebutuhan kalori minimum yang dibutuhkan seseorang hanya untuk mempertahankan hidup. Untuk membentuk otot Anda tidak harus pergi ke gym. Lakukan latihan sederhana seperti push-up, pull-up, dan squat selama 3-5 kali per hari. Konsistensi adalah kuncinya.


5. Mulai memperbaiki diet


Ganti makanan olahan, proses, kemasan, dan cepat saji dalam diet Anda saat ini dengan makanan segar dan alami seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, telur, ikan, dan daging. Perubahan dalam pola makan ini secara dramatis akan meningkatkan kesehatan dan komposisi tubuh. Minumlah lebih banyak air putih ketimbang soda atau minuman olahraga (sport drink).


6. Dapatkan waktu tidur malam yang berkualitas


Setiap orang membutuhkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas untuk meningkatan energi dan kesehatan secara optimal. Anda harus mengatur jam tidur dan sebisa mungkin untuk menghindari kafein, alkohol, atau TV yang bisa menganggu waktu tidur.


7. Mengendalikan stres


Stres adalah kondisi paling umum yang hampir pernah dialami semua orang. Stres dalam jangka waktu panjang bisa berdampak serius pada kesehatan kita. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan meditasi. Meditasi adalah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari.          

1 komentar: